Senin, 14 Oktober 2013

Hmm, tau Bibimbap gak??? Sejenis nasi campur khas korea gitu…
Bikin yukk… Check out:
Bahan : 
- 3 sendok makan minyak
- 300 gr daging cingcang
- 4 siung bawang putih, cingcang halus
- 2 sendok makan, jahe cingcang
- 2 sendok the soy sauce
- 2 buah wortel, potong korek api
- 2 buah mentimun, potong korek api
- 4 buah jamur shitake, iris tipis
- 150 gr tauge jepang
- 4 butir telur
- 400 gr nasi pulen
- 4 sendok makan korea hot bean paste
Cara membuat :
1. panaskan minyak, masukan daging cingcang, bawang putih, jahe, dan soy sauce. Masak hinnga daging berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan.
2. panaskan minyak, tumis wortel, mentimun, dan jamur hinnga matang, angkat sisihkan.
3. panaskan sedikit air dalam wajan, masukan telur hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan.
4. masukan nasi dalam mangkuk beri telur mata sapi di atasnya. Masukan juga daging dan tumisan sayuran. Tambahkan pasta di atasnya

Kali ini saya akan membahas juga tentang toppoki
^ ^

Toppoki adalah makanan korea yangbiasa dijajajakan disepanjang jalan di Korea, dikenal juga dengan nama  tteok jjim (떡찜), menurut sejarahnya dibawa dari Dinasti Chosun . Adonan dasar Toppoki adalah Ddukbokki yang
 terbuat dari tepung beras, yang direbus kemudian dan giling hingga menjadi adonan glutinous, baru dibentuk berbagai rupa. 



Ini resep dasar Ddukbokki, diambil dari resep maagchi yang sudah aku translate menurut bahasa ku, dan cara buatku:

Bahan A,
3 cup tepung beras 
1 1/2 cup Air 
1 tsp garam

Bahan B
1 1/2 cup air
1 tsp minyak wijen 

Cara membuat ,
1 Campur bahan A, kemudian aduk hingga rata , lalu kukus selama 20 menit.
2.Setelah dikukus angkat, kemudian aduk dengan mixer dengan kec 1( aku pakai hand mixer ), hingga menjadi adonan glutinious sekitar 25 menit proses ini . ( proses no 2 ini harus dikerjakan, agar adonan kenyal)
3. Setelah menjadi adonan yang kenyal , kemudian ambil, dan buat adonan seperti tali, ( pada proses ini, tangan kita celupkan pada adonan B ) agar gak lengket.
4.Setelah menjadi adonan seperti tali, potong kira-kira 5 cm, kemudian oles lagi dengan adonan B (mudah-mudahan mengerti ya....)
5.Ddukbokki siap diolah dengan berbagai jenis masakan.


 
Toppoki ( spicy rice cake) original

Bahan:
100 gram rice cake siap pakai, dipotong-potong sepanjang 2cm.
1 sdt kot chu jang (bumbu pedas Korea).
1 sdt kot chu ka rhu (paprika bubuk).
1 siung bawang putih, cincang halus.
¼ sdt garam
 ½ sdt merica.
3 sdm gula jagung
200 ml air
1 sdt maizena campur dengan sedikit air
1 potong daun bawang potong memanjang
1 sdm minyak goreng

Caranya:
  1. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan  Ddubokki,
  3. Tambahkan air dan kot chu jang, aduk rata. Masukkan paprika bubuk, garam, merica , sirup jagung
  4. Terakhir masukkan larutan tepung maizena,aduk sampai seluruh bahan jadi matang , taburi dun bawang, angkat dan tuangkan diatas piring saji. Hidangkan selagi hangat.


 Annyeonghaseo ^^
 Biasanya setiap hari libur mungkin anda sering berkunjung ke resto ala Korea, tentu menu bulgogi selalu ada di buku menu. Namun anda juga bisa membuat sendiri di dapur anda. Caranya juga sangat mudah, jadi tak akan repot untuk menyaipkan menu yang satu ini.

Bulgogi.

Bahan : 
  • 400 gr daging khas luar, bekukan iris tipis
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 buah bawang bombai iris panjang
  • 1 1/2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok makan minyak wijen
  • 1/2 sendok makan wijen sanrai untuk taburan
  • 1/2 sendok teh merica hitam kasar
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
Cara Membuat : 
  1. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan bawang bombai hingga berbau harum.
  2. Masukkan daging lalu tumis kembali hingga berubah warna.
  3. Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam dan merica hitam lalu aduk kembali hingga rata.
  4. Tuang air lalu masak sampai semua bumbu meresap.
  5. Menjelang diangkat baru masukkan minyak wijen, aduk rata segera angkat dan sajikan dengan taburan wijen di atasnya. Sajikan hangat.
Mengapa saya suka Kimchi? Hidangan Korea ini lezat dan juga sehat, cocok untuk lidah saya yang suka makanan asam-asam pedas gimana gitu, hehehe. Kimchi juga kaya akan vitamin danmineral. Karena bahan kimchi yang terdiri banyak sayuran mengandung antioksidan yang tinggidan studi menunjukkan bahwa kimchi dapat menurunkan kolesterol, mencegah pertumbuhan kanker, dan baik untuk sistem pencernaan dan kekebalan tubuh karena mengandung bakteri sehat, Lactobacillus.
   Sooo, mengapa tidak Anda mencoba untuk membuat Kimchi di rumah Anda. Ini resep kimchi yang paling mudah (tapi sangat lezat) yang saya tahu ..


Bahan-Bahan:

- 1 buah sawi putih ukuran besar.
- 1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang.
- 4 batang daun bawang, iris tipis memanjang. 
- 4 siung bawang putih, parut.
- 1 ruas jari jahe, parut.
- 6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
- 2 sdt garam dapur. (butiran halus)
- 1 sdm gula.
- 1/2 gelas garam laut kasar. (butirannya yang kasar)
- air secukupnya.
- 2 sdm saus ikan Korea. (alternatifnya bisa memakai kecap ikan biasa)

Cara Mengolah:

1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Pastikan sawi benar-benar bersih.

2. Campur1/2 gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar (atau baskom kecil). Rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.

3. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih, tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil-kecil.

4. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi, hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Baluri bumbu, sambil agak di remas-remas sawinya agar cairan jus sayurannya keluar.

5. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara (bagusnya di toples kaca) dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.

6. Kimchi siap disantap sebagai makanan pembuka (seperti salad) atau dijadikan nasi goreng kimchi.


# CATATAN #
- Ini resep kimchi korea yang menurut saya paling basic dan mudah untuk dibuat, yang paling penting pas untuk lidah Indonesia.
- Resep kimchi itu berbeda-beda sesuai selera masing-masing, tetapi menganut cara pembuatan yang relatif sama (di fermentasikan). Anda bisa menambah bahan sayur yang lainnya seperti wortel, kol, sawi cina (bokcoy), timun dan masih banyak yang lainnya sesuai selera anda.
- Bila anda menyukai rasa pedas, bisa ditambah bubuk cabe lebih banyak. Bila tidak suka pedas, bisa dikurangi pemakaian bubuk cabenya.
- Jangan menyimpan kimchi yang akan difermentasikan ke dalam lemari es. Simpan toples berisi kimchi pada suhu ruangan dan proses penyimpan yang lebih lama akan lebih baik, karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. Setelah itu, baru boleh simpan kimchi dalam lemari es.
Annyeong !
Kali ini saya akan membahas tentang masakan korea yang udah di kenal banget ni oleh masyarakat.
gausah bnyk basa basi lagi langsung aja kita lihat resep dan cara membuatnya . ^^

Masakan Korea Ramyeon
 

Bahan : 
250 g ramen yang sudah direbus, tiriskan 
Kuah : 1 sdm minyak sayur 2 siung bawang putih, cincang 
1 sdm daun bawang iris halus 
150 g daging ayam cincang halus 
600 ml kaldu ayam/air 
1 sdm miso kuning 
1 sdm kecap asin 
1/2 sdt cabai merah bubuk 
1/2 sdt merica bubuk 
1 sdt garam 
50 g paprika merah, iris memanjang kecil 
50 g mentimun, iris memanjang kecil
1 sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air



Cara membuat:

Kuah : Tumis bawang putih dan daun bawang hingga layu.
Masukkan daging ayam, aduk hingga matang.
Tambahkan kaldu, bumbu, dan didihkan.
Masukkan paprika dan mentimun, aduk hingga layu.
Tuangi larutan tepung kanji, aduk hingga agak kental.
Masukkan ramen, aduk hingga rata. Angkat.
Tuang ke piring saji.
Sajikan hangat.